HOME
Home » Berita Terbaru » Kesehatan » Fakta dan Opini terkait Covid 19 dari Masalah Kesehatan sampai Keamanan

Fakta dan Opini terkait Covid 19 dari Masalah Kesehatan sampai Keamanan

Posted at Juni 7th, 2020 | Categorised in Berita Terbaru, Kesehatan
OkeStore Theme

Sebelumnya saya mohon maaf kepada rekan-rekan netter dan pemerintah jika ulasan saya ini afak nyeleneh. Saya hanya mengutarakan beberapa opini tentang virus corona ini yang telah mengobrak abrik hampir seluruh sendi kehidupan manusia. Saya tertarik berbicara tentang covid-19 dipandang dari berbagai sudut mulai dari kesehatan, idiologi,  ekonomi, politik, bahkan saampai pertahahanan dan keamanan.

Apa sih Covid-19 itu?

COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus Corona adalah sebuah keluarga virus yang ditemukan pada manusia dan hewan. Sebagian virusnya dapat mengingeksi manusia serta menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit umum seperti flu, hingga penyakit-penyakit yang lebih fatal, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Beberapa Fakta Menarik Tentang Covid-19

Menururt seorang peneliti dan praktisi penanganan wabah penyakit, ada 4 fakta yang didapatkan terkait wabah Corona ini. Beliau ( Drh. Moh. Indro Cahyono) lewat tulisannya dalam rubrik fokus utama majalah Vetnesia edisi Januari 2020 menjelaskan :

1. Tingkat Kematian Oleh Virus Corona Sangat Kecil

Meskipun jumlah kasus bertambah tapi tingkat mortalitas atau jumlah kematian tetap. Dalam artian, saat korban meninggal 600 dari jumlah 24.000, tingkat mortalitasnya hanya 2 %.

Saat korban meninggal dunia dikabarkan meningkat menjadi 1.400 dengan jumlah kasus 48.000, tingkat mortalitas tetap 2 %. Bahkan yang sembuh mencapai 4.700 pasien.

Sehingga jika ditilik dari statistik epidemiologi, wabah virus corona ini memiliki tingkat kematian relatif rendah di kisaran 2%, ada 98 % orang yang sakit dan akan sembuh, serta dari 9 % orang di antaranya sembuh total dalam 48 hari.

2. Sistem imun membuat pasien Covid-19 sembuh

Bila dianalisa dari sisi ilmu immunologi, virus yang masuk ke dalam tubuh akan segera direspon pertama kali oleh sistem imun non spesifik sehingga akan timbul bersin dan cairan ingus dari hidung di hari pertama hingga ke-2.

Kemudian diikuti oleh demam di hari ke-3 hingga ke-7. Pada hari ke-8 hingga ke-14 badan akan terasa lemas, tapi biasanya kan sembuh di hari ke-15.

Hal ini terjadi karena sistem imun tubuh manusia secara spesifik akan merespons paparan infeksi dengan memasukan data virus ke sel memori untuk membuat antibodi spesifik virus termasuk covid-19.

Maka jika ada virus yang masuk kembali setelah hari ke-15, tubuh yang sudah memiliki data virus di sel memorinya akan mengeluarkan antibodi secara otomatis dalam waktu 24 jam.

Kondisi inilah yang kemungkinan besar membuat 98 % pasien Covid-19 bertahan hidup, dan 9 % diantaranya sembuh total.

3. Covid-19 adalah virus beramplop

Struktur virus corona adalah virus beramplop yang diselubungi oleh glikoprotein. Dimana semua virus beramplop biasanya akan hancur jika terkena pelarut lemak seperti sabun, desinfektan, cairan pembersih lantai dan pemutih pakaian. Sehingga menerapkan gaya hidup bersih seperti mencuci langsung pakaian kotor, cuci tangan, rutin mengepel lantai, mandi tentu akan mengurangi paparan virus yang mungkin masuk tubuh.

4. Hoaks bikin virus corona menakutkan\

Berita dan informasi hoaks yang membuat virus corona menjadi terlihat sangat menakutkan. Perlu diluruskan bahwa semua hewan ternak atau peliharaan seperti anjing, kucing, babi, ayam, dan sapi tidak menularkan Covid-19 ke manusia.

Yang dijelaskan di atas bukanlah opini saya tapi itu merupakan hasil penelitian dan seorang pakar praktisi penanganan wabah penyakit.

Baca Juga : Pola Hidup Sehat Ala Rosulullah

Opini Publik Terkait  Vovid-19 dari sudut Agama Ekonomi  dan Politik

Terkait beberapa kebijakan pemerintah dalam menangani wabah corona ini telah menimbulkan berbagai opini publik. Dari mulai penutupan Tempat Ibadah sampai pemberian Bantuan Sosial menuai kritik dari beberapa kelompok masyarakat.

Mengapa Mesjid Harus Ditutup?

Ada beberapa kelompok masyarakat yang mempertanyakan penutupan mesjid, termasuk saya sendiri. Jika Mesjidnya berada di zona merah dapat saya fahami, tapi jika mesjid yang berada di pelosok apa harus dititip juga?

Terus yang kita tahu yang akan masuk Mesjid harus berwudlu dulu, kalau merujuk penjelasan ahli di atas virus tersebut akan mati oleh cairan sabun. Jadi apa salahnya setiap mesjid menyediakan sabun di tempat wudlunya.

Masalah Politik Mengedepan dibanding Kesehatan

Ketika Gubernur DKI mencanangkan Lock Down Untuk Kota Jakarta langsung dihujat oleh sekelompok orang dan tidak disetujui oleh Pusat. Padahal waktu itu Gubernur Jabar juga akan menerapkan lock down lokal untuk nenerapa daerah di wilayah Jabar. Tidak lama kemudian ada kebijakan PSBB, [enutupan tiap gang di berbagai wilayah. Kalau menurut saya hal itu malah lebih dari lock down. Menurut saya pemberlakuan PSBB tidaklah berlangsung efektif, karena adanya pembangkangan masyarakat. Terjadi kemacetan lalulintas daerah Ujung Berung  pada hari pertama pemberlakuan PSBB di kota Bandung. Saya malah heran karena di tengah pemberlakuan PSBB, istri saya yang bejerja di bawah instruksi Gubernur masih harus masuk kerja, padahal yang membuat aturan Gubernur sendiri.

Kurangnya Perhatian Aparat ketika Pemberlakuan PSBB

Ketika pemberlakuan PSBB di tempat saya tinggal, jarang sekali, atau boleh dikatakan tidak ada aparat yang mengontrol wilayah, sehingga masih banyak kerumunan orang . Mereka khawatir jika wilayahnya disantroni penjahat. Dan memang  pernah ada kejadian maling HP dan motor yang dikejar warga.

No comment for Fakta dan Opini terkait Covid 19 dari Masalah Kesehatan sampai Keamanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Post to Fakta dan Opini terkait Covid 19 dari Masalah Kesehatan sampai Keamanan

Angklung SDN 037 Sabang

Info Kegiatan Ekskul Angklung SDN Sabang

Posted at Desember 27, 2019

Ekskul Angklung SDN 037 Sabang Bandung Berita terbaru kali ini adalah tentang salah satu Ekskul yang ada di SDN 037 Sabang bandung yaitu Ekskul... Read More

info prndidikan

Berita Terbaru tentang Makna Logo Tut Wuri Handayani

Posted at Desember 27, 2019

Apakah anda seorang guru? Apakah anda memahami makna dari Logo Tut Wuri Handayani yang sering anda kenakan? Baiklah kali ini saya akan berbagi info... Read More

Jadwal utbk 2020

Informasi Terkini Jadwal UTBK dan SBMPTN 2020

Posted at Desember 14, 2019

  Hai sobat rohmansa, baik orang tua peserta didik kelas 12 SMA atau alumni yang berminat untuk daftar perguruan tinggi negeri Indonesia seperti ITB,... Read More

Merdeka Belajar -UASBN

Info Pendidikan Tentang PPDB setelah Penghapusan UASBN

Posted at Desember 14, 2019

Program Merdeka Belajar Sobat rohmansa, ijinkan saya membuat opini tentang kebijakan dari mendikbud baru Nadiem Makarim. Beliau mencanangkan 4 program yang dikenal dengan program... Read More

Info Pendidikan Terbaru Soal USBN, UN Hingga Zonasi Sekolah

Posted at Desember 12, 2019

Sobat rohmansa Sejak Nadiem Makarim, menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), banyak orang tua bertanya-tanya : “Akankah Ujian Nasional (UN), Ujian Sekolah Berstandar... Read More

OkeStore Theme