HOME
OkeStore Theme
Home » Berita » Berita Terkini » Pendidikan » Kisi kisi UN SMP dan USBN SD serta Jadwal UTBK sampai SBMPTN juga Tips Sukses Menghadapinya

Kisi kisi UN SMP dan USBN SD serta Jadwal UTBK sampai SBMPTN juga Tips Sukses Menghadapinya

Posted at Maret 25th, 2019 | Categorised in Berita, Berita Terkini, Pendidikan
WPDealer 300x250

Walau sedikit agak terlambat, tapi saya pikir masih ada gunanya bagi para peserta didik baik SD, SMP, maupun SMA/K. Meskipun UN untuk SMA/K sedang berlangsung dari tanggal 25 Maret hingga 28 Maret yang akan datang. Tapi mereka yang tidak diterima di jalur SNMPTN, masih ada peluang untuk dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang selama ini mereka idamkan yaitu melalui jalur SBMPTN atau Saringan Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Yang termasuk berita terkini pada postingan kali ini adalah tentang Jadwal pelaksanaan UN bagi peserta didik SD, dan SMP, serta jadwal pendaftaran SBMPTN

Jadwal UN SD/MI
Jadwal UN SMP/MTs
Jadwal UTBK sebagai syarat untuk daftar SBMPTN

Nah sobat rohmansa, seperti yang dapat dilihat di jadwal tadi maka untuk dapat daftar SBMPTN, harus daftar dulu UTBK, serta dinyatakan lulus UTBK tersebut. Pendaftaran UTBK dibagi dalam dua gelombang yakni : Gelombang Pertama pada 1-24 Maret 2019 dan Gelombang Kedua pada 25 Maret-1 April 2019. Pelaksanaan UTBK juga dibagi dalam dua gelombang yakni Pertama pada 13 April – 04 Mei 2019 dan khusus Tuna Netra pada 4 Mei 2019 pukul 07.30 – 11.45. Gelombang Kedua akan digelar pada 11 Mei – 26 Mei 2019 dan khusus Tuna Netra pada 25 Mei 2019 pukul 07.30 – 11.45.
Jika sobat rohmansa merasa kurang jelas bisa sobat tuliskan pada komentar di bawah nanti.

Bagaimana kiat sukses menghadapi ujian baik ujian nasional / UN maupun UTBK?

Ada beberapa hal yang perl meu dilakukan agar sobat rohmansa sukses menghadapi UN atau Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK):

  1. Tulis ulang kisi-kisi Ujian Nasional atau UTBK sesuai dengan yang akan sobat hadapi.
  2. Beri tanda kisi-kisi mana saja yang materinya sudah sobat rohhmansa kuasai, dan mana saja yang sedikit sudah sobat kuasai, dan kisi-kisi mana yang sama sekali belum sobat fahami, dengan stabilo yang warnanya berbeda-beda sesuai dengan tingkat pemahaman terhadap materi dalam kisi-kisi tersebut.
  3. Buat skala prioritas ( urutkan) mana dulu yang akan sobat rohmansa pelajari dan melakukan latihan menjawab soal. Perhitungkan jumlah hari yang tersedia dengan banyak kisi-kisi yang akan sobat pelajari sesuai dengan tingkat kesulitan masing-masing ( yang paling sulit jumlah jamnya harus paling banyak).
  4. Buat jadwal belajar sesuai dengan poin 3 tadi.
  5. Pelajari serta lakukan latihan menjawab soal sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Selingi dengan hal-hal yang sobat sukai atau dengan makan dan minum yang menyegarkan.
  6. Perbanyak diskusi dengan teman baik secara langsung maupun lewat sosmed.
  7. Jika ada materi yang susah dipahami tanya kepada pakarnya, baik guru atau saudara. Kemudian lakukan latihan menjawab soal-soal lagi.
  8. Istirahat yang cukup serta konsumsi buah-buahan yang segar menjelang ujian berlangsung.

Nah demikian tips khusus untuk menghadapi UN/UTBK, semoga dapat menjadi inspirasi serta bermanfaat bagi sobat rohmansa semua terkhusu saya dedikasikan untuk semua peserta didik dan alumni SDN 037 Sabang Bandung.

Oh ya sobat rohmansa, hampir saya lupa….. Ada beberapa strategi sukses mengerjakan soal-soal ujian yang perlu sobat lakukan:

  1. Persiapkan hal-hal yang harus dibawa sebagai syarat untuk dapat mengikuti ujian ( misalnya : Kartu peserta ujian, Ijazah, KTP, dsb)
  2. Jangan lupa untuk berdo’a sebelum mengerjakan soal.
  3. Baca petunjuk pengerjaan soal dengan teliti, hal ini sering dianggap remeh oleh sebagian orang yang sedang mengerjakan test tertulis, dalam bidang apapun, baik itu UN, SBMPTN (UTBK), test pegawai negeri, TPA, dsb.
  4. Baca dulu seluruh soal dengan teknik membaca scanning ( membaca cepat, lompat-lompat.
  5. Bersikaplah santai atau tenang , jangan terburu-buru, apalagi tegang.
  6. Kerjakan soal-soal yang paling mudah terlebih dahulu, soal-soal yang sobat anggap paling sulit kerjakan diakhir.
  7. Baca soal berulang-ulang, untuk soal yang sobat anggap sulit sehingga sobat rohmansa dapat menangkap maksud soal dengan benar.

Adapun Trik dan tips untuk menghadapi SBMPTN adalah sbb:

  1. Pilih beberapa jurusan atau program studi yang sobat senangi
  2. Sesuaikan dengan nilai yang sobat peroleh kemudian urutkan jurusan atau program studi yang sobat tentukan tadi berdasarkan persaingan yang ada selama ini ( tanyakan kepada senior sobat yang sudah lulus pada tahun-tahun sebelumnya.
  3. Pilih 2 jurusan atau program studi yang sesuai dengan minat serta nilai yang sobat peroleh pada UTBK sebelumnya.

Di bawah ini adalah link ksisi-kisi USBN SD/MI yang dapat sobat unduh atau download dengan gratis ( caranya klik link di bawah !)

Kisi-kisi USBN SD/MI

Sedangkan kisi-kisi SMP dapat sobat unduh atau download melalui link di bawah ini:

Kisi-kisi UN SMP
Bagi sobat yang membutuhkan bantuan dapat menghubungi no WA saya: 081320598660

Terima kasih

Tags :

No comment for Kisi kisi UN SMP dan USBN SD serta Jadwal UTBK sampai SBMPTN juga Tips Sukses Menghadapinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Post to Kisi kisi UN SMP dan USBN SD serta Jadwal UTBK sampai SBMPTN juga Tips Sukses Menghadapinya

wawancara

Bagaimana Cara Paling Sederhana Membuat Rencana sampai Laporan sebuah Wawancara?

Posted at Oktober 20, 2019

Keterampilan wawancara sangat diperlukan baik bagi para jurnalis, peneliti, maupun bagi semua orang yang memiliki kepentingan mengetahui sesuatu secara mendalam dari para ahlinya. Agar... Read More

Kisah Inspiratif : Tiga Hari bersama Guru-guru Hebat di Dataran Tinggi Dieng Kecamatan Kejajar Wonosobo

Posted at September 26, 2019

Sungguh merupakan sebuah kehormatan, ketika P4 TK IPA Bandung yang bekerja sama dengan IOA mengundang saya untuk menjadi tutor pembelajaran Matematika guru-guru di kecamatan... Read More

Mengapa Matematika Adalah Bahasa ?

Posted at September 26, 2019

Matematika disebut bahasa sains. Astronom dan fisikawan Italia Galileo Galilei dikaitkan dengan kutipan, “Matematika adalah bahasa di mana Tuhan telah menulis alam semesta.” Kemungkinan... Read More

Tiga Contoh Lirik Video Yel-yel Keren Lucu dan Gokil untuk Menjadi Inspirasi dan Motivasi bagi Siswa SD

Posted at Juli 21, 2019

Sobat rohmansa… hampir 6 bulan saaya tidak pernah posting tulisan di blog rohmansa ini. Insya Allah saya akan mulai aktif lagi menulis, semoga dapat... Read More

WPDealer 300x250