HOME
OkeStore Theme
Home » Blog » Bagaimana Cara Membuat Blog Gratis

Bagaimana Cara Membuat Blog Gratis

Posted at April 9th, 2018 | Categorised in Blog
WPDealer 300x250

Meskipun banyak apps dan platform pembuat blog secara gratis, tapi yang akan saya uraikan hanya 2 apps yaitu  wordpressdan blogger. WordPress  Blogger merupakan apps pembuat blog gratis yang sangat banyak penggunanya.

Tutorial: Bagaimana Cara Membuat Blog  Gratis di WordPress

Penyedia layanan Buat Blog Gratis yang paling populer saat ini adalah WordPress. Karena tersedia banyak theme gratisan untuk pilihan tampilan blog anda, dan juga pugin untuk alat penambah kinerja blog anda. Baiklah saya akan membahas langkah demi langkah cara membuat blog wordpress gratis . Bagi anda yang ingin membuat blog wordpress secara profesional, anda bisa mengistall wordpress ini di hosting dan domain berbayar.

Langkah 1: Mendaftar Akun WordPress Gartis

Kunjungi halaman beranda WordprMemulai buat blog gratisess dan pilih tombol ‘Mulai’ untuk mendaftar akun WordPress. Anda akan memerlukan alamat email yang valid (yang belum digunakan untuk membuat akun WordPress lain) untuk mendaftar akun WordPress baru .

 

 

 

 

Langkah 2: Masukkan Informasi untuk Membuat Akun WordPress Gratis Anda

langkah ke 2 membuat blog wordpress gratis

Untuk mendaftar akun WordPress, Anda akan diminta memasukkan nama pengguna dan kata sandi pilihan Anda. Anda juga akan diminta untuk mengonfirmasi bahwa Anda telah membaca syarat dan ketentuan situs web WordPress. Akhirnya, Anda akan ditanya apakahAnda ingin membuat blog atau hanya akun WordPress. Jika Anda ingin memulai sebuah blog, pastikan kotak di sebelah ‘Gimme a Blog!’ dicentang.

 

 

 

 

Langkah 3:  Masukkan Informasi untuk Membuat Blog WordPress Baru Anda

membuat blog gratis

Untuk membuat blog WordPress Anda, Anda harus memasukkan teks yang ingin Anda tampilkan di nama domain Anda. Blog WordPress gratis selalu diakhiri dengan ‘.wordpress.com’, jadi nama yang Anda pilih untuk pengguna ketik ke browser Internet mereka untuk menemukan blog Anda akan selalu diikuti oleh ekstensi itu. Anda juga harus memutuskan nama untuk blog Anda dan masukkan nama itu di ruang yang disediakan untuk membuat blog Anda. Meskipun nama domainyang Anda pilih tidak dapat diubah nanti, nama blog yang Anda pilih pada tahap ini dapat diedit nanti.Anda juga akan memiliki kesempatan untuk memilih bahasa untuk blog Anda dalam langkah ini serta memutuskan apakah Anda ingin blog Anda menjadi pribadi atau publik. Dengan memilih publik, blog Anda akan dimasukkan dalam daftar pencarian di situs-situs seperti Google dan Technorati.

Langkah 4: Selamat – Akun Anda Aktif!

blog gratis wordpress

Setelah Anda berhasil menyelesaikan langkah ‘Buat Blog Anda’, Anda akan melihat layar yang memberi tahu Anda bahwa akun WordPress Anda aktif dan mencari email yang mengonfirmasi informasi login Anda

 

 

 

 

Step 5: Tampilan Umum Dashboard WordPress 

 

Ketika Anda masuk ke blog WordPress yang baru dibuat, Anda akan dibawa ke dashboard pengguna Anda. Dari sini, Anda dapat mengubah tema (desain) blog Anda, menulis posting dan halaman, menambahkan pengguna, merevisi profil pengguna Anda sendiri, memperbarui blogroll Anda, dan banyak lagi. Luangkan waktu untuk menjelajahi dasbor WordPress Anda, dan jangan takut untuk menguji berbagai alat dan fitur yang tersedia bagi Anda untuk membantu menyesuaikan blog Anda. Jika Anda memiliki masalah, klik tab ‘Support’ di sudut kanan atas layar Anda , ini akan membawa sobat ke bagian bantuan online dari WordPress serta forum pengguna aktif di mana Anda dapat mengajukan pertanyaan. Ini akan membawa Anda.

Langkah 6: Overview dari Toolbar Dashboard WordPress

Bilah alat dasbor WordPress akan membantu Anda menavigasi halaman administrasi blog Anda untuk melakukan segalanya mulai dari menulis posting dan memoderasi komentar untuk memodifikasi tema blog Anda dan menyesuaikan sidebars Anda. Luangkan waktu untuk menekan semua tab di bilah alat dashboard Anda dan jelajahi halaman yang Anda temukan untuk mempelajari semua hal keren yang dapat Anda lakukan di WordPress!

Take some time to press all the tabs on your dashboard’s toolbar and explore the pages you find to learn all the cool things you can do in WordPress!

Step 7: Choosing a Theme for Your New WordPress Blog

mengubah theme pada wordpress

Salah satu fitur terbaik untuk memulai blog WordPress gratis adalah membuatnya sendiri dengan berbagai template dan tema gratis yang tersedia langsung melalui dashboard WordPress Anda. Cukup klik pada tab ‘Presentasi’ di bilah alat dashboard Anda. Kemudian pilih’Tema’ untuk melihat berbagai desain yang dapat Anda pilih. Anda dapat mencoba beberapa tema berbeda untuk melihat mana yang paling cocok untuk blog Anda. Cukup klik pada tab ‘Presentasi’ di bilah alat dashboard Anda. Kemudian pilih ‘Tema’ untukmelihat berbagai desain yang dapat Anda pilih. Anda dapat mencoba beberaptema berbeda untuk melihat mana yang paling cocok untuk blog Anda. Tema yang berbeda menawarkan berbagai tingkat penyesuaian. Misalnya, beberapa tema memungkinkan Anda mengunggah tajuk khusus untuk blog Anda, dan setiap tema menawarkan berbagai widget yang dapat Anda pilih untuk digunakan di bilah sisi. Bersenang-senang bereksperimen dengan berbagaipilihan yang tersedia untuk Anda.

Tahap 8: Ikhtisar Widgets and Sidebarspada WordPress

widget pada wordpress

WordPress menyediakan berbagai cara untuk menyesuaikan sidebar blog Anda melalui penggunaan widget. Anda dapat menemukan tab ”Widget’ di bawah tab ‘Presentasi’ dari bilah alat dasbor WordPress utama Anda. Anda dapat menggunakan widget untuk menambahkan alat RSS, alat pencarian, kotak teks untuk iklan dan banyak lagi. Jelajahi widget yang tersedia di dashboard WordPress dan temukan yang meningkatkan blog Anda yang terbaik

 

 

Tahap 9: Membuat Artikel di Blog WordPress

cara buat artikel di blog

Setelah  membiasakan diri dengan lingkungan pengguna WordPress dan menyesuaikan tampilan blog Anda, sekarang saatnya untuk menulis posting pertama sobat ! Kemudian Dapatkan Uang dari Blog yang sobat bangun tersebut. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

 

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com . Ada juga pengertian blogger adalah orang yang punya dan mengelola blog.

Bagaiman Cara Membuat Blog Gratis di Blogger? Baiklah sekarang akan saya jelaskan:

Langkah-langkah cara membuat blog di Blogger

1. Pertama-tama buka situs blogger.com. Kemudian klik CREATE YOUR BLOG untuk membuat blog baru.

 

 

2. Masukkan alamat gmail anda., setelah itu, pilih BERIKUTNYA.

buat blog di blogspot-1

3. Kemudian masukkan password akun gmail anda dengan benar, lalu pilih BERIKUTNYA.

4. Terlebih dahulu anda harus memilih profil mana yang akan anda gunakan. Anda bisa menggunakan profil Google+ atau profil Blogger biasa. Dalam tutorial ini saya menyarankan menggunakan profil Google+ saja. Maka dari itu, pilih Buat profil Google+.

5. Form profil akan terisi secara otomotis. Jika ada yang perlu diubah, entah itu nama, jenis kelamin atau tanggal lahir, anda bisa mengeditnya disini. Jika sudah selesai mengedit, silakan pilih CREATE PROFILE.

6. Pada tahap ini anda bisa menambahkan foto profil anda. Anda bisa menambahkan atau mengganti foto profil nanti, jadi pilih SKIP.

7. Profil Google+ anda sudah berhasil dibuat. Setelah itu, pilih Lanjutkan ke Blogger.

8. Untuk membuat blog baru, pilih tombol BUAT BLOG BARU yang terletak di samping kanan.

9. Anda akan melihat tampilan seperti berikut ini. Silakan isi sesuai gambar dibawah ini :

buat blog di blogspot-1

  • Judul : Isi dengan judul blog baru anda, misal Blog Seputar Teknologi Terkini.
  • Alamat Url: Isi dengan alamat url pada blog anda, misal :” blog keren rohmansa” , nanti secara otomatis alamat blognya menjadi blogkerenrohmansa.blogspot.com. Jika ada tanda centang disampingnya berarti alamat blog tersebut tersedia.
  •  Pilih tema yang anda sukai untuk blog baru anda.
  • theme blogger

10. Setelah itu, pilih Buat blog!

11. Selamat blog baru anda selesai dibuat. Tapi jangan keburu kabur dulu, yuk sekalian belajar juga mengenai menu-menu yang terdapat pada blogger, bagaimana sih cara menulis konten di blogger dan lain sebagainya.

Mengenal lebih jauh menu-menu pada Blogger

Terdapat beberapa menu dan tombol pada blogger yang perlu anda ketahui. Diantaranya sebagai berikut :

 

  • Postingan : menampilkan semua pos yang terdapat pada blog anda, pos yang sudah diterbitkan dan yang masih berbentuk draft. Dalam menu ini, anda juga bisa menghapus beberapa pos sekaligus dengan cepat.
  • Statistik: menampilkan informasi statiska pada blog anda, seperti jumlah penayangan hari ini, kemarin, dan bulan lalu. Selain itu, pada menu ini juga menampilkan informasi mengenai bagaimana pengunjung menemukan blog anda dan lain sebagainya.
  • Komentar: menampilkan komentar yang telah diterbitkan, komentar yang masih menunggu moderasi, dan komentar yang tergolong spam.
  • Kampanye: menampilkan menu seputar Adwords. Anda bisa mempromosikan blog anda dengan Adwords ini, tetapi tentu saja ini tidak gratis.
  • Laman: menampilkan jumlah laman yang terdapat pada blog anda, laman yang masih berbentuk draft, dan laman yang sudah diterbitkan.
  • Tata Letak: disini anda bisa kustomisasi tampilan atau menambahkan widget (gadget) pada blog anda.
  • Tema: menampilkan pengaturan pada template atau tema blog anda. Untuk mengedit, mengganti template blog anda, dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.
  • Setelan: menampilkan pengaturan lanjutan pada blog anda, seperti pengaturan dasar, pos dan komentar dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.
  • Daftar Bacaan: menampilkan postingan terbaru dari blog-blog yang anda ikuti.
  • Bantuan: menampilkan beberapa artikel bantuan mengenai bagaimana cara menggunakan blog di Blogger.

Bagaimana cara menulis/ posting konten di Blogger?

Untuk menulis konten atau yang sering di sebut dengan posting sangatlah mudah, malahan mudah banget. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Klik tombol Entri baru.

2. Sebelum memulai untuk menulis konten, terdapat beberapa menu, tombol, atau navigasi yang perlu anda pahami sebagai berikut :

Posting di Blogger

 

  • Judul konten anda.
  • Tombol yang berguna untuk mempublikasikan, menyimpan, atau mempratinjau (preview) konten anda sebelum diposting.
  • Terdapat 2 mode penulisan konten yang terdapat pada blogger, diantaranya mode Compose dan mode Html, secara default, mode penulisan konten menggunakan mode Compose. Jika anda awam dalam HTML, saya sarankan menggunakan mode Compose saja.
  • Menu formatting toolbar yang digunakan untuk pengolahan teks pada konten anda. Fungsi tool-tool ini tidak jauh berbeda dengan yang terdapat pada Microsoft Word.
  • Menu pengaturan pada konten anda. Seperti memberikan label/ kategori, tautan permanen pada konten anda dan lain sebagainya.
  • Isi konten anda.

3. Jika konten anda sudah siap dipublikasikan, silakan klik tombol Publikasikan.

Cara Mengganti Template Blog di Blogger

Anda bisa mengganti template blog gratisan yang tersedia di Blogspot dengan template yang profesional agar blog anda tampil lebih indah dan atraktif. Untuk mengganti template blog anda agar lebih menarik, silakan simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Silakan download dulu template yang ingin digunakan pada blog anda. Anda bisa mencarinya di Btemplate, disana ada ribuan template yang bisa anda gunakan.

2. Setelah itu, masuk ke menu dashboard blog anda dan pilih Tema.

3. Pilih Backup / Pulihkan.

4. Klik tombol Choose File untuk mengupload template yang anda inginkan.

5. Terakhir, klik tombol Upload. Perlu diingat yah kalau templatenya wajib menggunakan format .xml

Saya punya 2 template profesional, untuk mendapatkannya silahkan anda minta melalui komentar. Nanti akan saya kirim melalui email yang anda daftarkan.

Terima kasih.

No comment for Bagaimana Cara Membuat Blog Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Post to Bagaimana Cara Membuat Blog Gratis

Tips Belajar IPA: 4 Sistem Organ Manusia Yang Saling Berhubungan-1

Posted at Oktober 1, 2018

Sebagai blogger pemula saya sering blogging tentang belajar ipa, dan sekarang saya ingin berbagi sedikit materi dan tips belajar IPA kelas V SD kurikulum... Read More

Nissa Sabyan: Lirik Shalawat “Din Assalam “artinya Islam adalah Agama Perdamaian

Posted at Agustus 26, 2018

Hari ini saya atau rohmansa ( NurRohman Sacadipura) baru blogging lagi di rohmansa.com , dan sebagai blogger pemula saya akan  terus belajar tentang blog... Read More

blogger sukses

Cari Tahu Pengertian serta Manfaat dari Blog dan Ngeblog atau Blogging

Posted at Mei 1, 2018

Blog asal kata dari Weblog yang merupakan singkatan dari Website Log yang memiliki arti Situs (... Read More

blogger sukses

3 Langkah Bagaimana Cara Untuk Menjadi Blogger yang Sukses?

Posted at April 15, 2018

Sobat blogger yang saya banggakan… Menjadi blogger yang sukses merupakan cita-cita dan keinginan semua blogger, termasuk... Read More

blogger sukses

Bagaimana Cara Menerapkan SEO OffPage dalam Membangun Traffik

Posted at April 9, 2018

Ada dua jenis teknik SEO, yaitu SEO on-page, dan teknik SEO off-page. Jika seo on page adalah optimasi yang dilakukan di dalam situs website... Read More

WPDealer 300x250