HOME
Home » Blog » Blog Wordpress » Panduan SEO WordPress Terbaik untuk Pemula

Panduan SEO WordPress Terbaik untuk Pemula

Posted at Januari 4th, 2020 | Categorised in Blog, Blog Wordpress
OkeStore Theme

Meningkatkan SEO pada Blog WordPress Sobat Rohmansa sangat penting untuk mendapatkan lebih banyak trafik ke situs Blog  Sobat. Sayangnya sebagian besar panduan SEO WordPress terlalu teknis bagi pengguna baru  atau istilahnya Newbie untuk memulai. Jika Sobat serius ingin meningkatkan traffic situs web atau blog  milik Sobat rohmansa, maka  perlu memperhatikan praktik terbaik SEO WordPress. Dalam panduan ini, saya akan membagikan kiat-kiat SEO WordPress teratas untuk membantu  meningkatkan SEO WordPress Sobat rohmansa dan mendapatkan lebih banyak trafik organik.

Mungkin Sobat pernah mendengar para ahli mengatakan bahwa WordPress adalah SEO friendly. Inilah sebabnya mengapa banyak orang memilih WordPress untuk memulai blog atau situs web.

Sementara WordPress memastikan bahwa kode yang dihasilkannya mengikuti praktik terbaik SEO, ada banyak lagi yang perlu Anda lakukan jika Sobat Rohmansa ingin memaksimalkan upaya SEO .

Dasar-dasar SEO WordPress

SEO bisa bersifat teknis, tetapi tidak harus demikian. Hanya belajar beberapa tips SEO dasar untuk mengoptimalkan situs Anda dapat memberi Anda dorongan nyata dalam lalu lintas situs web Anda.

Anda tidak harus menjadi jenius teknologi untuk menggunakan teknik di bawah ini. Jika Anda sudah menggunakan WordPress, maka Anda sudah mendapatkannya!

Mari mulai mengoptimalkan situs web Anda.

A. Periksa Pengaturan Visibilitas Situs Anda

WordPress hadir dengan opsi bawaan untuk menyembunyikan situs web Anda dari mesin pencari. Tujuan opsi ini adalah memberi Anda waktu untuk bekerja di situs web Anda sebelum siap untuk go public.

Namun, terkadang opsi ini dapat diperiksa secara tidak sengaja dan membuat situs web Anda tidak tersedia untuk mesin pencari.

Jika situs web Anda tidak muncul dalam hasil pencarian, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa opsi ini tidak dicentang.

Cukup masuk ke area admin situs WordPress Anda dan kunjungi Pengaturan »halaman Baca.

Pengaturan visibilitas mesin pencari di WordPress

Anda perlu menggulir ke bawah ke bagian Visibilitas Mesin Pencari ’dan memastikan bahwa kotak di sebelah‘ Mencegah mesin pencari dari mengindeks situs ini ’tidak dicentang. Jangan lupa mengklik tombol ‘Simpan Perubahan‘ untuk menyimpan perubahan Anda.

B. Menggunakan Struktur URL SEO Friendly di WordPress

URL SEO friendly berisi kata-kata yang menjelaskan dengan jelas konten halaman, dan mudah dibaca oleh manusia dan mesin pencari.

Perhatikan bahwa URL ini dapat dibaca dan pengguna dapat menebak apa yang akan mereka lihat di halaman hanya dengan melihat teks URL.

contoh : ” https://rohmans.com/adsense/cara-menambahlan-google-adsense-dengan-benar”

Jadi seperti apa tampilan URL yang tidak ramah untuk SEO?

“http://eohmansa.com/?p=123”

Perhatikan bahwa URL ini menggunakan angka yang tidak terkait dengan konten, dan pengguna tidak dapat menebak apa yang akan mereka temukan di halaman dengan melihat URL.

Menggunakan struktur permalink yang ramah SEO meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dalam hasil pencarian.

Inilah cara Anda dapat memeriksa dan memperbarui struktur permalink situs WordPress Anda.

Anda perlu mengunjungi halaman Pengaturan »Permalinks. Pilih opsi nama pos lalu klik tombol ‘Simpan Perubahan’ untuk menyimpan pengaturan Anda.

Catatan: Jika situs web Anda telah berjalan selama lebih dari 6 bulan, maka tolong jangan ubah struktur tautan permanen Anda kecuali jika Anda menggunakan opsi angka. Jika Anda menggunakan Hari dan Nama atau Bulan dan Nama, terus gunakan itu.

Dengan mengubah struktur permalink Anda di situs mapan, Anda akan kehilangan semua jumlah berbagi media sosial Anda dan berisiko kehilangan peringkat SEO yang ada.

Jika Anda harus mengubah struktur permalink Anda, maka sewalah seorang profesional, sehingga mereka dapat mengatur arahan ulang yang tepat. Anda masih akan kehilangan jumlah berbagi sosial Anda di halaman.

C. Memilih plugin WordPress SEO terbaik

Ketika memilih plugin  SEO WordPress  terbaik,  kemungkinan besar sobat akan mempersempit pilihan yaitu dua solusi paling populer: Yoast SEO atau All in One SEO Pack.

Keduanya merupakan solusi yang efektif, dan kami telah melakukan perbandingan pro dan kontra dari Yoast SEO vs All in One Paket SEO.

Di rohmansa.com , saya menggunakan Yoast SEO, jadi dalam tutorial ini kami akan menggunakan Yoast SEO untuk tangkapan layar dan contoh.

Yoast SEO adalah plugin SEO WordPress  paling komprehensif dengan banyak alat dan fitur bawaan. Berikut ini gambaran umum singkat dari beberapa fitur tersebut.

  • Ubah judul SEO meta dan deskripsi meta berdasarkan per posting.
  • Dukungan judul dan deskripsi meta untuk taksonomi (mis. Kategori dan tag).
  • Pratinjau cuplikan hasil pencarian Google.
  • Fokus pengujian kata kunci.
  • Konfigurasi Meta Robots:
  • Menambahkan noodp, noydir meta tag dengan mudah.
  • Mudah noindex, atau halaman nofollow, taksonomi atau seluruh arsip.
  • Peningkatan dukungan kanonik, menambahkan kanonik ke arsip taksonomi, posting tunggal dan halaman dan halaman depan.
  • Konfigurasi footer / header RSS.
  • Permalink dibersihkan, sementara masih memungkinkan untuk Pencarian Kustom Google.
  • Dukungan Breadcrumbs, dengan judul breadcrumb yang dapat dikonfigurasi.
  • Peta Situs XML dengan: Gambar
  • Penghapusan jenis pos dan taksonomi yang dapat dikonfigurasi
  • Halaman atau posting yang telah diindeks tidak akan ditampilkan dalam sitemap XML (tetapi bisa jika Anda menginginkannya juga).
  • Peta Situs Berita XML
  • .htaccess dan editor robots.txt
  • Kemampuan untuk memverifikasi Google Search Console, Yahoo Site Explorer, dan Bing Webmaster Tools
  • Fungsi impor dasar untuk Platinum SEO Pack dan plugin SEO All in One. (Anda juga dapat menggunakan Pengangkut Data SEO untuk mentransfer fungsionalitas dari tema seperti tema anak Genesis)
plugin Seo blog wordpress

Baca juga:Bagainaba Cara Menginstall dan Mengatur Plugin Seo WordPress Yoast

 

 

No comment for Panduan SEO WordPress Terbaik untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Post to Panduan SEO WordPress Terbaik untuk Pemula

blog wp blogger gratis

Tutorial Bagaimana Cara Membuat Blog Gratis

Posted at Januari 3, 2020

Meskipun banyak apps dan platform pembuat blog secara gratis, tapi yang akan saya uraikan hanya 2 apps yaitu  wordpress dan blogger. WordPress  dan Blogger... Read More

BlogTutorial Usaha dan Bisnis

Tutorial Menghasilkan Uang dari Blog WordPress-2

Posted at Januari 3, 2020

Apakah Sobat Rohmansa sedang mencari tutorial bisnis ? Apakah Sobat Rohmansa ingin menghasilkan uang secara online? WordPress merupakan Platform pembuat Website terbesar dibandingkan dengan... Read More

cara membuat blog wordpress.

Tutorial Lengkap Cara Membuat Situs Blog WordPress

Posted at Desember 31, 2019

Saya sudah posting tentang beberapa info peluang bisnis dan usaha terbaru yang dilakukan secara online dari  kegiatan Blogging WordPress. Tapi mungkin masih banyak sobat... Read More

BlogTutorial Usaha dan Bisnis

Tutorial Menghasilkan Uang dari Blog WordPress-1

Posted at Desember 29, 2019

Apakah Sobat Rohmansa mencari cara terbaik untuk bisnis dan menghasilkan uang secara online yang BUKAN penipuan? WordPress adalah platform penerbitan terbesar di planet ini,... Read More

WordPress.com vs WordPress.org – Mana Yang Lebih Baik?

Posted at April 8, 2019

Tahukah sobat rohmansa.com bahwa wordpress.org dan wordpress.com yang sepertinya sama, padahal sebenarnya merupakan platform yang sangat berbeda? Untuk orang awam atau newbie termasuk saya... Read More

OkeStore Theme