HOME
OkeStore Theme
Home » Tak Berkategori » Tips Belajar IPA: 4 Sistem Organ Manusia Yang Saling Berhubungan-1

Tips Belajar IPA: 4 Sistem Organ Manusia Yang Saling Berhubungan-1

Posted at Oktober 1st, 2018 | Categorised in Tak Berkategori
WPDealer 300x250

Sebagai blogger pemula saya sering blogging tentang belajar ipa, dan sekarang saya ingin berbagi sedikit materi dan tips belajar IPA kelas V SD kurikulum 2013 edisi  revisi 2017.

Mengapa para peserta didik banyak yang merasa kesulitan dalam memahami materi IPA baik fisika, biologi, maupun kimia?

tips belajar ipa

Salah satu penyebabnya sulitnya para peserta didik dalam memahami pelajaran IPA adalah pembelajaran yang parsial, atau disekat-sekat, seolah-olah materinya terpisah-pisah, sehingga konsep yang satu dengan yang lainnya tidak berhubungan.

Untuk itulah saya berusaha untuk menanamkan pada peserta didik bahwa suatu konsep erat kaitannya dengan konsep yang lain sehingga ketika mereka mengingat salahsatu konsep, maka akan dapat mengingat konsep-konsep lainnya, karena adanya keterkaitan.

Materi IPA kelas 5 kurikulum 2013 revisi 2017 diantaranya tentang sistem pernapasan, sistem pencernaan, dan sistem peredaran darah yang semuanya saling berhubungan sehingga manusia memperoleh energi untuk hidup. Secara sederhananya kita makan makanan bergizi sehingga diperoleh sari-sari makanan melalui proses pencernaan, dan bernapas mengambil oksigen dari udara melalui proses pernapasan, lalu melalui sistem peredaran darah sari-sari makanan dan oksigen tersebut diedarkan ke seluruh tubuh ( sel) sehingga terjadi proses oksidasi ( pembakaran ) dan akan diperoleh energi, sebagai sisanya berupa uap air dan karbon dioksida. Dapat kita simpulkan bahwa proses pembakaran karbohidrat yang sudah dicerna ( zat gula) yang menhasilkan energi merupakan kebalikan dari proses fotosintesis ( pembentukan makanan).

Mengapa dalam judul yang saya tuliskan di atas ada 4 sistem, karena ada satu sistem lagi yang berhubungan yaitu sistem ekskresi atau pembuangan zat sisa, baik berupa cairan, maupun bentuk lainnya. Baiklah kita akan memulai membahas 4 sistem organ tubuh manusia yang dimulai dari sistem pencernaan ( bukan artinya terpisah).

Sistem pencernaan adalah sekumpulan organ terintegrasi yang memroses makanan, menguraikan zat yang terkandung pada makanan, dan menyerap sari-sari dan nutrisi makanan supaya makanan tersebut bermanfaat bagi tubuh. Sistem pencernaan pada manusia terdiri atas (1) mulut, (2) kerongkongan, (3) lambung, (4) pankreas, (5) usus 12 jari, (6) usus halus, (7) usus besar, dan (8) anus.

1.rongga-mulut

Merupakan suatu rongga terbuka tempat masuknya makanan dan air pada hewan. Mulut biasanya terletak di kepala dan umumnya merupakan bagian awal dari sistem pencernaan lengkap yang berakhir di anus.

Pada rongga mulut, dilengkapi alat pencernaan dan kelenjar pencernaan untuk membantu pencernaan makanan. Pada Mulut terdapat :

a.Gigi
Memiliki fungsi memotong, mengoyak dan menggiling makanan menjadi partikel yang kecil-kecil.

Gigi dibedakan menjadi 2, yaitu:

Gigi susu

Gigi pertama yang tumbuh (6 bulan-6 tahun)

  • Berjumlah 20 buah ; 8 seri, 4 taring, 8 geraham
  • Rumus:

rahang atas         :    2    1    2    2    1   2

rahang bawah      :    2    1    2    2    1    2

Gigi tetap (gigi dewasa)

  • Mulai usia 8-14 tahun s/d seterusnya.
  • Berjumlah 32 buah, terdir dari:8 gigi seri, 4 gigi taring, 8 geraham depan, 12 geraham     belakang
    • Rumus:

rahang atas         :    3    2    1    2    2    1   2

rahang bawah      :  3    2    1    2    2    1    2     3

b..Lidah
Memiliki peran mengatur letak makanan di dalam mulut serta mengecap rasa makanan.

c..Kelenjar Ludah
Ada 3 kelenjar ludah pada rongga mulut. Ketiga kelenjar ludah tersebut menghasilkan ludah setiap harinya sekitar 1 sampai 2,5 liter ludah. Kandungan ludah pada manusia adalah : air, mucus, enzim amilase, zat antibakteri, dll. Fungsi ludah adalah melumasi rongga mulut serta mencerna karbohidrat menjadi disakarida.

  1. Kerongkongan

Kerongkongan erupakan saluran yang menghubungkan antara rongga mulut dengan lambung. Pada ujung saluran  setelah mulut terdapat daerah yang disebut faring. Pada faring terdapat klep, yaitu epiglotis yang mengatur makanan agar tidak masuk ke trakea (tenggorokan). Fungsi esophagus adalah menyalurkan makanan ke lambung. Agar makanan dapat berjalan sepanjang esophagus, terdapat gerakan peristaltik sehingga makanan dapat berjalan menuju lambung.

3.  Lambung

Seperti yang terjadi di mulut, di lambung juga makanan dicerna secara mekanik dan kimiawi. Secara nekanik dilakukan oleh dinding lambung yang kasar meremas-remas makanan sambil disemprot dengan getah lambung berupa asam klorida. Cairan enzim atau getah lamdung adalah sbb:

Asam klorida menciptakan suasana yang sangat asam, yang diperlukan oleh pepsin guna memecah protein.
Keasaman lambung yang tinggi juga berperan sebagai penghalang terhadap infeksi dengan cara membunuh berbagai bakteri.

Pepsin bertanggungjawab atas pemecahan sekitar 10% protein, dan merupakan satu-satunya enzim yang mencerna kolagen, yang merupakan suatu protein dan kandungan utama dari daging.

Renin bertfungsi untuk mencerna asam susu menjadi kasein.

4. Usus 12 jari yang menghasilkan getah ( enzim) Pankreas yaitu:

Enzim amilase yang mencerna amilum atau zat tepung yang tidak tercerna di mulut menjadi gula

Enzim Lipase yang mengubah lemak menjadi gliserol

Enzim Tripsin yang mengubah protein menjadi asam amino.

Setelah makanan menjadi sari-sari makanan melalui proses pencernaan di atas, maka sari-sari makanan tersebut diserap melalui jinjot-jonjot usus. pada Usus halus

Setelah sari makanan diserap di usus halus, tinggalah ampas makanan yang masih dalam bentuk cairan kemudian airnya diserap di usus besar sehingga dapat ke luar melalui anus.

Demikian untuk sementara uraian materi tentang  ” Tips Belajar IPA: 4 Sistem Organ Manusia Yang Saling Berhubungan-1” yang akan saya lanjutkan pada “Tips Belajar IPA: 4 Sistem Organ Manusia Yang Saling Berhubungan-2” nanti.

Sebagai latihan kerjakan soal berikut ini ( klik link di bawah ini):

soal pencernaan manusia-1

Tags :

5 Komentar for Tips Belajar IPA: 4 Sistem Organ Manusia Yang Saling Berhubungan-1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Post to Tips Belajar IPA: 4 Sistem Organ Manusia Yang Saling Berhubungan-1

wawancara

Bagaimana Cara Paling Sederhana Membuat Rencana sampai Laporan sebuah Wawancara?

Posted at Oktober 20, 2019

Keterampilan wawancara sangat diperlukan baik bagi para jurnalis, peneliti, maupun bagi semua orang yang memiliki kepentingan mengetahui sesuatu secara mendalam dari para ahlinya. Agar... Read More

Kisah Inspiratif : Tiga Hari bersama Guru-guru Hebat di Dataran Tinggi Dieng Kecamatan Kejajar Wonosobo

Posted at September 26, 2019

Sungguh merupakan sebuah kehormatan, ketika P4 TK IPA Bandung yang bekerja sama dengan IOA mengundang saya untuk menjadi tutor pembelajaran Matematika guru-guru di kecamatan... Read More

Mengapa Matematika Adalah Bahasa ?

Posted at September 26, 2019

Matematika disebut bahasa sains. Astronom dan fisikawan Italia Galileo Galilei dikaitkan dengan kutipan, “Matematika adalah bahasa di mana Tuhan telah menulis alam semesta.” Kemungkinan... Read More

Tiga Contoh Lirik Video Yel-yel Keren Lucu dan Gokil untuk Menjadi Inspirasi dan Motivasi bagi Siswa SD

Posted at Juli 21, 2019

Sobat rohmansa… hampir 6 bulan saaya tidak pernah posting tulisan di blog rohmansa ini. Insya Allah saya akan mulai aktif lagi menulis, semoga dapat... Read More

WordPress.com vs WordPress.org – Mana Yang Lebih Baik?

Posted at April 8, 2019

Tahukah sobat rohmansa.com bahwa wordpress.org dan wordpress.com yang sepertinya sama, padahal sebenarnya merupakan platform yang sangat berbeda? Untuk orang awam atau newbie termasuk saya... Read More

WPDealer 300x250