HOME
Home » Berita Terkini » Informasi » Matematika » Pendidikan » Mengapa Matematika Adalah Bahasa ?

Mengapa Matematika Adalah Bahasa ?

Posted at September 26th, 2019 | Categorised in Berita Terkini, Informasi, Matematika, Pendidikan

Matematika disebut bahasa sains. Astronom dan fisikawan Italia Galileo Galilei dikaitkan dengan kutipan, “Matematika adalah bahasa di mana Tuhan telah menulis alam semesta.” Kemungkinan besar kutipan ini adalah ringkasan pernyataannya di Opere Il Saggiatore:

    Alam semesta tidak dapat dibaca sampai kita mempelajari bahasa dan menjadi akrab dengan karakter yang ditulisnya. Itu ditulis dalam bahasa matematika, dan huruf-hurufnya adalah segitiga, lingkaran, dan figur geometris lainnya, yang tanpanya berarti secara manusia tidak mungkin memahami satu kata.

Namun, apakah matematika benar-benar bahasa, seperti bahasa Inggris , Cina, atau yang lainnya? Untuk menjawab pertanyaan itu, ada baiknya untuk mengetahui apa bahasa itu dan bagaimana kosakata dan tata bahasa matematika digunakan untuk menyusun kalimat.

Kata Kunci : Mengapa Matematika adalah Bahasa

    Agar dapat dianggap sebagai bahasa, suatu sistem komunikasi harus memiliki kosa kata, tata bahasa, sintaksis, dan orang-orang yang menggunakan dan memahaminya.

    Matematika memenuhi definisi bahasa ini. Ahli bahasa yang tidak menganggap matematika sebagai bahasa mengutip penggunaannya sebagai bentuk komunikasi tertulis dan bukan lisan.

    Matematika adalah bahasa universal. Simbol dan organisasi untuk membentuk persamaan adalah sama di setiap negara di dunia.

Apa Itu Bahasa?

Ada beberapa definisi “bahasa.” Suatu bahasa dapat berupa sistem kata atau kode yang digunakan dalam suatu disiplin ilmu. Bahasa dapat merujuk ke sistem komunikasi menggunakan simbol atau suara. Linguist Noam Chomsky mendefinisikan bahasa sebagai seperangkat kalimat yang dikonstruksikan menggunakan seperangkat elemen yang terbatas. Beberapa ahli bahasa percaya bahwa bahasa harus dapat mewakili peristiwa dan konsep abstrak.

Definisi mana pun yang digunakan, bahasa mengandung komponen berikut:

    Harus ada kosakata atau simbol.

    Makna harus dilampirkan pada kata atau simbol.

    Bahasa menggunakan tata bahasa, yang merupakan seperangkat aturan yang menguraikan bagaimana kosakata digunakan.

    Sintaks mengatur simbol ke dalam struktur atau proposisi linier.

    Narasi atau wacana terdiri dari serangkaian proposisi sintaksis.

    Harus ada (atau telah) sekelompok orang yang menggunakan dan memahami simbol.

Matematika memenuhi semua persyaratan ini. Simbol, artinya, sintaksis, dan tata bahasanya sama di seluruh dunia. Matematikawan, ilmuwan, dan lainnya menggunakan matematika untuk mengkomunikasikan konsep. Matematika menggambarkan dirinya (bidang yang disebut meta-matematika), fenomena dunia nyata, dan konsep abstrak.

Kosakata matematika menarik dari berbagai huruf dan menyertakan simbol yang unik untuk matematika. Persamaan matematis dapat dinyatakan dalam kata-kata untuk membentuk kalimat yang memiliki kata benda dan kata kerja, seperti halnya kalimat dalam bahasa lisan. Sebagai contoh:

3 + 5 = 8

dapat dinyatakan sebagai “Tiga ditambahkan ke lima sama dengan delapan.”

Untuk memecah ini, kata benda dalam matematika meliputi:

    Angka Arab (0, 5, 123,7)

    Pecahan (1⁄4, 5⁄9, 2 1⁄3)

    Variabel (a, b, c, x, y, z)

    Ekspresi (3x, x2, 4 + x)

    Diagram atau elemen visual (lingkaran, sudut, segitiga, tensor, matriks)

    Infinity (∞)

    Pi (π)

    Angka imajiner (i, -i)

    Kecepatan cahaya (c)

Kata kerja meliputi simbol termasuk:

    Kesetaraan atau ketidaksetaraan (=, <,>)

    Tindakan seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian (+, -, x atau *, ÷ atau /)

    Operasi lain (sin, cos, tan, sec)

Jika Anda mencoba untuk melakukan diagram kalimat pada kalimat matematika, Anda akan menemukan infinitif, kata sambung, kata sifat, dll. Seperti dalam bahasa lain, peran yang dimainkan oleh simbol tergantung pada konteksnya.

Peraturan Internasional

Tata bahasa dan sintaksis matematika, seperti kosa kata, bersifat internasional. Tidak peduli dari negara mana Anda berasal atau bahasa apa yang Anda gunakan, struktur bahasa matematika adalah sama.

    Rumus dibaca dari kiri ke kanan.

    Alfabet Latin digunakan untuk parameter dan variabel. Dalam batas tertentu, alfabet Yunani juga digunakan. Bilangan bulat biasanya diambil dari i, j, k, l, m, n. Bilangan real diwakili oleh a, b, c, α, β, γ. Bilangan kompleks ditunjukkan oleh w dan z. Yang tidak diketahui adalah x, y, z. Nama fungsi biasanya f, g, h.

    Alfabet Yunani digunakan untuk mewakili konsep tertentu. Misalnya, λ digunakan untuk menunjukkan panjang gelombang dan ρ berarti kepadatan.

    Kurung menunjukkan urutan interaksi simbol.

    Cara fungsi, integral, dan turunannya diungkapkan seragam.

Memahami bagaimana kalimat matematika bekerja sangat membantu saat mengajar atau belajar matematika. Siswa sering menemukan angka dan simbol mengintimidasi, sehingga menempatkan persamaan ke dalam bahasa yang akrab membuat subjek lebih mudah didekati. Pada dasarnya, ini seperti menerjemahkan bahasa asing ke bahasa yang dikenal.

Sementara siswa biasanya tidak menyukai masalah kata, mengekstraksi kata benda, kata kerja, dan pengubah dari bahasa lisan / tulisan dan menerjemahkannya ke dalam persamaan matematika adalah keterampilan yang berharga untuk dimiliki. Masalah kata meningkatkan pemahaman dan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah.

Karena matematika adalah sama di seluruh dunia, matematika dapat bertindak sebagai bahasa universal. Frasa atau rumus memiliki arti yang sama, terlepas dari bahasa lain yang menyertainya. Dengan cara ini, matematika membantu orang belajar dan berkomunikasi, bahkan jika ada hambatan komunikasi lainnya

Tags :

No comment for Mengapa Matematika Adalah Bahasa ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Post to Mengapa Matematika Adalah Bahasa ?

Bahan Belajar Rangkuman Materi tema 5 Kelas 4 subtema 1 dan 2

Posted at November 29, 2019

Sesuai dengan temanya yaitu Pahlawanku, tema 5 kelas 4 kurikulum 2013, materinya banyak membahas tentang sejarah terutama sejarah para pahlawan. Seperti yang sudah saya... Read More

Rangkuman Materi Kelas Tema 4 Kurikulum 2013 Revisi

Posted at November 27, 2019

Dengan makin dekatnya masa Ujian Akhir Semester atau UAS yang sekarang dikenal dengan Penilaian Akhir Semester atau PAS, maka peserta didik dituntut untuk belajar... Read More

soal matematika

Soal Latihan PAS 1 Matematika Kelas 4

Posted at November 24, 2019

Menjelang Penilaian akhir semester 1 yang akan dilaksanakan sekitar awal Desember, saya mencoba untuk memberikan bekal berupa soal-soal latihan Ujian akhir semester atau UAS... Read More

Tips Sukses Menghadapi Ujian

Tips Agar Anak Fokus Belajar dengan Cara yang Simpel dan Mudah Dilakukan

Posted at November 14, 2019

Hai sob, kali ini saya ingin berbagi dan Informasi tips cara mudah belajar atau latihan agar peserta didik dapat fokus baik dalam belajar atau... Read More

konsep soal hots

Bagaimana Cara Membuat Soal HOTS Berikut Contohnya

Posted at November 12, 2019

Sebenarnya memang sudah ada niatan saya untuk posting tentang cara menyusun soal hots ini, tapi niatnya semakin menguat setelah ada permintaan Bu Tanti dari... Read More