HOME
Home » Berita Terbaru » Pendidikan » Video » Bagaimana Cara Mudah Membuat Kolase dari Biji-bijian?

Bagaimana Cara Mudah Membuat Kolase dari Biji-bijian?

Posted at Oktober 30th, 2019 | Categorised in Berita Terbaru, Pendidikan, Video
OkeStore Theme

Belum lama ini saya sudah berbagi tentang teknik membuat wawancara dari mulai perencanaan sampai membuat laporan. Kali ini saya akan berbagi materi SBDP Kelas 4 Tema 3 sub tema 2 yaitu membuat kerajinan berupa karya seni 2 dimensi yaitu membuat kolase.

Kolase adalah kerajinan tangan yang dibuat dari berbagai bahan, seperti: kaca, logam, kertas, kain, kayu, biji, dll yang ditata dan ditempelkan pada permukaan gambar, sehingga membuat karya seni baru,

Hasil karya kolase biasanya dikadikan sebagai hiasan interior rumah, kelas, dan sebagainya sehingga ruangan menjadi indah dan membuat betah untuk yang tinggal di dalamnya.

Yang akan saya jelaskan adalah cara sederhana membuat kolase yang sesuai dengan tingkat kematangan anak-anak siswa kelas 4 SD. Yang saya lakukan pada peserta didik kelas 4 SDN 037 Sabang Bandung. Baiklah tanpa basa basi lagi kita langsung ke topik utama kita yaitu “Bagaimana Cara Sederhana Membuat Kolase dari Biji-bijian?”

Cara membuat kolase dari Biji-bijian

Alat dan Bahan

Sebelum membuat karya seni kolase, kita harus mempersiapkan dulu Alat dan Bahan yang akan kita gunakan untuk membuat kolase yaitu:

  • Kertas gambar
  • Lem kertas
  • Pensil
  • Penghapus
  • Biji-bijian (beras, kacang kedelai, kacang ijo, dsb.)
  • Pewarna makanan (Kuning, merah, hijau, dan coklat)
  • Wadah (tempat minum aqua bekas)
  • Kuas

Cara Membuat Kolase

  1. Karena kita akan membuat bunga matahari, maka kamu harus membuat sketsanya terlebih dahulu menggunakan pensil pada kertas gambar, sebagai contohnya kamu bisa meniru gambar di atas.
  2. Kamu bisa menggunakan penghapus untuk merapihkan sketsa bunga tersebut.
  3. Setelah selesai, sekarang kamu pisahkan beberapa beras pada wadah yang akan diberiwarna, kemudian berikan warna pada masing-masing beras tersebut.
  4. Sekarang kamu tinggal menempelkan beras yang sudah diberikan warna pada masing-masing bagian bunga, seperti gambar di bawah ini.

Tips dalam menempelkan beras: dalam mengolesi lem pada kertas, jangan terlalu banyak, karena bisa merusak kertas, akibatnya bisa berlubang, maka dari itu, perlahan-lahan saja, gunakan kuas untuk meratakan, jangan menggunakan tangan. di bawah ini adalah contoh hasil karya anak-anak kelas 4 E SDN 027 Sabang Bandung

Karya Amel Kelas 4E SDN 037 Sabang Bandung

Setelah sketsa yang diolesi dengan lem tertutupi oleh biji-bijian sesuai dengan kehendak kita dan diberi warna, kemudian kita keringkan dengan cara membiarkannya beberapa menit.

Demikian Cara Sederhana membuat karya seni dua dimensi Kolase, mudah- mudahan ada manfaatnya khusunya bagi saya sendiri umumnya bagi sobat rohmansa semua, untuk dapat menjadi inspirasi dalam mengembangkan bakat serta minat peserta didik.

Saya juga sudah membuat video tutorial membuat kolase dan saya unggah ke youtube. Di bawah ini adalah link video youtube yang saya maksud:

https://www.youtube.com/watch?v=PpJOC4cLPUc&t=75s

Saya mohon masukan berupa kritikan yang membangun demi meningkatkan kualitas video maupun konten serta tampilan situs ini, terrima kasih.

No comment for Bagaimana Cara Mudah Membuat Kolase dari Biji-bijian?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Post to Bagaimana Cara Mudah Membuat Kolase dari Biji-bijian?

berita terbaru

Fakta dan Opini terkait Covid 19 dari Masalah Kesehatan sampai Keamanan

Posted at Juni 7, 2020

Sebelumnya saya mohon maaf kepada rekan-rekan netter dan pemerintah jika ulasan saya ini afak nyeleneh. Saya hanya mengutarakan beberapa opini tentang virus corona ini... Read More

sumber belajar Alam

Alam sebagai Sumber Belajar Ilmu Fisika

Posted at Februari 9, 2020

Saya teringat pada ungkapan seorang Dosen senior ITB yaitu Prof. Lilik.  Beliau sebagai Dosen Wali memberikan nasihat pada saya untuk mengembalikan Ilmu Fisika sebagai... Read More

Angklung SDN 037 Sabang

Info Kegiatan Ekskul Angklung SDN Sabang

Posted at Desember 27, 2019

Ekskul Angklung SDN 037 Sabang Bandung Berita terbaru kali ini adalah tentang salah satu Ekskul yang ada di SDN 037 Sabang bandung yaitu Ekskul... Read More

info prndidikan

Berita Terbaru tentang Makna Logo Tut Wuri Handayani

Posted at Desember 27, 2019

Apakah anda seorang guru? Apakah anda memahami makna dari Logo Tut Wuri Handayani yang sering anda kenakan? Baiklah kali ini saya akan berbagi info... Read More

berita terkini inspiratif

Info Permainan Game yang Mendidik di Dalam Kelas

Posted at Desember 26, 2019

Info terbaru yang akan saya sampaikan adalah tentang permainan di dalam kelas. Cuaca tidak bisa kita prediksi secara akurat, bahkan kita tidak bisa megubah... Read More

OkeStore Theme