HOME
Home » Berita Terbaru » Pendidikan » Info Pendidikan Tentang PPDB setelah Penghapusan UASBN

Info Pendidikan Tentang PPDB setelah Penghapusan UASBN

Posted at Desember 14th, 2019 | Categorised in Berita Terbaru, Pendidikan
OkeStore Theme
Merdeka Belajar -UASBN

Program Merdeka Belajar

Sobat rohmansa, ijinkan saya membuat opini tentang kebijakan dari mendikbud baru Nadiem Makarim. Beliau mencanangkan 4 program yang dikenal dengan program “Merdeka Belajar“. Yang akan saya tanggapi di sini adalah program pertama dalam merdeka belajar yaitu tentang penghapusan UASBN.

Pendapat Saya

Saya sebagai guru SD di kota Bandung sangat setuju dengan informasi pendidikan berupa dihapuskannya UASBN yang menghabiskan banyak biaya atau dalam istilah saya merupakan pemborosan anggaran negara. Mengapa saya sangat setuju? Bagaimana dengan sobat rohmansa apa setuju juga?

Alasan 

Selama ini nilai UASBN sering dimanipulasi oleh sekelompok orang sehingga peserta didik yang benar benar memiliki prestasi akademik hanya mendapatkan jumlah nilai di kisaran 26- 27, sedangkan yang mendapaykan nilai UASBN antara 28 dan 29 didapatkan oleh peserta didik yang kurang berprestasi dalam bidang akademik, hal ini menimbulkan gesekan di antara orang tua peserta didik, dan menurunkan motivasi belajar bagi peserta didik yang berprestasi. Bahkan terkadang guru yang tidak tahu menahu tentang proses penilaian dituduh melakukan manipulasi nilai oleh orang tua peserta didik yang awam tentang ini.

Info terbaru yang sekarang ramai dibicarakan adalah bahwa UASBN akan diganti dengan Ujian Mandiri oleh masing-masing sekolah dengan nilai akhir didapatkan dari hasil rekapitulasi nilai nilai harian, nilai PTS, PAS, nilai proses, nilai sikap, dsb. Hal ini akan berdampak pada motivasi peserta didik dalam belajar, Nilai Ijazah tidak ditentukan oleh hasil ujian yang hanya 3 atau 4 hari saja, tapi merupakan hasil penilaian yang menyeluruh selama setahun pelajaran.

Baca juga : Bagaimana Pembelajaran Matematika Sebagai Cara Untuk Melatih Bernalar

Tes Masuk Untuk Menilai Kesiapan Belajar Peserta Didik

Jika ujian sekolah diadakan secara mandiri oleh masing-masing sekolah, maka untuk penerimaan Peserta Didik ( PPDB ) selayaknya diserahkan ke masing-masing sekolah yang akan menerima peserta didik tersebut. Artinya semua SMP atau beberapa SMP melakukan Tes Kemampuan Akademik dari calon peserta didik masing masing SMP/MTs tersebut.

Zonasi tetap berlaku dalam penskoran, tapi tidak mengenyampingkan kemampuan akademik peserta didik sehingga tidak akan menurunkan morivasi belajar mereka.

Bagaimana Penerimaan peserta didik yang baik menurut opini saya? Penyelenggaraan PPDB oleh masing masing sekolah naik SMP maupun MTs dengan penghitungan skor seperti ini:

Sistem PPDB Menggabungkan Prestasi dan Zonasi

Faktor kedekatan dengan sekolah/Zonasi dengan skor maksimum 50. Dengan kriteria jarak rumah ke sekolah kurang dari 100 m skornya 50, antara 100 m – 200 m skornya 49, dst. Kemudian Skor Zonasi x 40 %, Pretasi Akademik x 30 % , dengan nilai akademik didapat dari nilai tes 5 pelajaran pokok, ditambah dengan Nilai Ijazah ( 5 pelajaran pokok ) x 30 %. Jadi nilai akhir merupakan hasil dari nilai Ijazah, nilai Tesm dan nilai Zonasi, artinya katiga faktor tersebut dihargai.

Jika Tidak ada tes khusus dari masing masing SMP/MTs , dikhawatirkan tiap sekolah akan berlomba dalam memberikan nilai Ijazah, hal ini tidak selaras dengan tujuan semula yaitu meningkatkan kemampuan peserta didik.

Buktinya ketika saya berdiskusi dengan beberapa orang tua peserta didik.  motivasi belajar anak-anak mereka menjadi berkurang. Dan banyak dari teman teman orang tua peserta didik yang berusaha mengganti Kartu Keluarga menjadi dekat dengan lokasi Sekolah yang mereka inginkan. Maka yang terjadi bukannya hal yang postif malah menjadi negatif.

Dengan pemberlakukan Zonasi Murni maka  prestasi peserta didik  sseolah-olah tidak dihargai. Belum lahi masalah kesiapan pemerintah dalam pemerataan  bangunan sekolah, Maksudnya sekarang ini masih terjadi penumpukkan Sekolah di satu lokasi atau Zonasi. Sekarang ini jumlah sekolah baik negeri maupun sewasta masih menumpuk di kota, sementara warga yang domisilinya dekat kota tapi secara kependududkan masuk wilayah kabupaten sangat sulit menfapatkan sekolah . Maka menurut hemat saya kebijakan zonasi ini masih perlu dipertimbangkan. 

 

Bagaimana menurut sobat rohmansa?

Wassalam

Nurrohman dari SDN 037 Sabang Bandung

Baca juga: Kebijakan baru Mendikbud Nadiem Makarim soal UASBN, UN, hingga Zonasi

4 Komentar for Info Pendidikan Tentang PPDB setelah Penghapusan UASBN

  • Isah Aisyah berkata:

    Saya sangat setuju uasbn dihilangkan dan diganti dengan ujian yang disenggaraka oleh masing masing sekolah.

    Tentang masuk ke SMP Negeri saya sangat setuju dengan sistim zonasi. Karena untuk menghilangkan kasta, juga memberikan pelayanan pemerataan pendidikan. Tidak ada kelas unggulan. Juga memperingan orang tua siswa. Terima kasih

    • rohmansa berkata:

      Sistem Zonasi juga masih banyak kekurangan, lantas sudah banyak dimanipulasi dengan mengganti Kartu Keluarga.Terus bagi warga kabupaten yang wilayahnya dekat dengan Kota, mereka tidak punya pilihan sekolah, maka harus ke swasta yang ada di kota.

  • Tanti Sugiharti Singgih berkata:

    Terima kasih Pak Nurohman utk tulisannya yang selalu inspiratif. Semoga pendidikan di tanah air bisa terus maju ke depannya dengan program Merdeka Belajar ini. Tentu perlu waktu untuk berbagai persiapan dan penyesuaian untuk program ini namun kita percaya bahwa bagaimana pun kita harus berani memulainya. Sukses selalu untuk Bapak dan rekan-rekan guru di SD Sabang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Post to Info Pendidikan Tentang PPDB setelah Penghapusan UASBN

sumber belajar Alam

Alam sebagai Sumber Belajar Ilmu Fisika

Posted at Februari 9, 2020

Saya teringat pada ungkapan seorang Dosen senior ITB yaitu Prof. Lilik.  Beliau sebagai Dosen Wali memberikan nasihat pada saya untuk mengembalikan Ilmu Fisika sebagai... Read More

Angklung SDN 037 Sabang

Info Kegiatan Ekskul Angklung SDN Sabang

Posted at Desember 27, 2019

Ekskul Angklung SDN 037 Sabang Bandung Berita terbaru kali ini adalah tentang salah satu Ekskul yang ada di SDN 037 Sabang bandung yaitu Ekskul... Read More

info prndidikan

Berita Terbaru tentang Makna Logo Tut Wuri Handayani

Posted at Desember 27, 2019

Apakah anda seorang guru? Apakah anda memahami makna dari Logo Tut Wuri Handayani yang sering anda kenakan? Baiklah kali ini saya akan berbagi info... Read More

berita terkini inspiratif

Info Permainan Game yang Mendidik di Dalam Kelas

Posted at Desember 26, 2019

Info terbaru yang akan saya sampaikan adalah tentang permainan di dalam kelas. Cuaca tidak bisa kita prediksi secara akurat, bahkan kita tidak bisa megubah... Read More

Jadwal utbk 2020

Informasi Terkini Jadwal UTBK dan SBMPTN 2020

Posted at Desember 14, 2019

  Hai sobat rohmansa, baik orang tua peserta didik kelas 12 SMA atau alumni yang berminat untuk daftar perguruan tinggi negeri Indonesia seperti ITB,... Read More

OkeStore Theme