HOME
Home » Pendidikan » Sumber Belajar » Rangkuman Materi tema 5 Kelas 4 subtema 1 dan 2

Rangkuman Materi tema 5 Kelas 4 subtema 1 dan 2

Posted at November 29th, 2019 | Categorised in Pendidikan, Sumber Belajar
OkeStore Theme

Hai Sobat Rohmansa, kali ini saya akan berbagi tentang info bahan belajar kelas 4 berupa rangkuman materi ajar tema 6 sub tema 1 dan 2. Sesuai dengan temanya yaitu Pahlawanku, tema 5 kelas 4 kurikulum 2013, materinya banyak membahas tentang sejarah terutama sejarah para pahlawan.

Seperti yang sudah saya posting sebelumnya rangkuman materi tema 4, rangkuman materi tema 5 ini juga dilengkapi dengan file pdf yang dapat diunduh atau didownload secara gratis.

Dalam  bahan ajar tema 5 ini, yang paling penting bagaimana peserta didik dapat memahami dan selanjutnya mempraktekan nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari hari.

Rangkuman Tema 5 kelas 4 Sub Tema 1

sumber belajar

Raja Purnawarman mulai memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Ia memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon. Dua tahun kemudian, ia juga memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh kerajaan. Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciaruteun.

Beberapa Raja Nusantara dan Kerajaannya:

2.     Sifat-Sifat Cahaya

a.       Cahaya merambat lurus

Percobaan menggunakan tiga karton tebal
dan lilin. Lubangi bagian tengah ketiga
karton tersebut. Letakkan karton-karton
dengan posisi tiga lubang tersebut sejajar
dengan cahaya lilin tepat di belakang
lubang. Perhatikan apa yang terjadi! Lalu
coba menggeser posisi setiap karton
sehingga setiap lubang menjadi tidak
sejajar. Perhatikan perbedaannya!

b.      Cahaya menembus benda bening

Percobaan menggunakan cahaya matahari/
cahaya senter, gelas/benda-benda
transparan/bening, benda-benda berwarna
gelap, dan benda-benda bening, tetapi
berwarna. Letakkan peralatan seperti
pada gambar. Arahkan cahaya ke tembok
berwarna putih. Perhatikan apa yang terjadi.

c.       Cahaya dapat dipantulkan

Percobaan menggunakan dua cermin datar
dan senter. Coba pantulkan cahaya senter
menggunakan cermin. Coba berbagai posisi
cermin yang berbeda dan gunakan lebih
banyak cermin. Amatilah apa yang terjadi
pada cahaya pantul?

d.      Cahaya dapat dibiaskan

Percobaan menggunakan pensil yang
setengah bagian panjangnya berada
di dalam gelas berisi air. Amati pensil
dari sisi samping luar gelas. Bagaimana
penampakan dan besar pensil dibanding
aslinya?

3.  Bahan Ajar Sila Keempat Pancasila

Belajar tentang makna sila ke 4 Pancasila : Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam  Permusyawaratan/ Perwakilan. Makna sila keempat adalah mendahulukan kepentingan dan tujuan bersama, cinta permusyawaratan dan demokrasi, serta bijak menyelesaikan masalah. simbol sila keempat berikut adalah kepala banteng

4. Lagu maju tak gentar ciptaan simandjutak

 

5. Tahapan mengobati luka memar

  • Kompres bagian yang memar dengan menggunakan kain bersih yang dicelupkan dalam air dingin.
  • Jika terjadi pendarahan kompres bagian yang luka, kompres dengan air hangat dulu selama 15-20 menit. Tujuannya supaya pembuluh darah melebar dan darah lancar sehingga proses penyembuhan lebih cepat.
  • Setiap tiga jam sekali, ulangi pengompresan dengan menggunakan kain bersih yang dicelupkan ke air dingin dan air hangat secara bergantian..

6.   Cakram warna

Cakram warna membuktikan bahwa sinar matahari terdiri atas 7 warna.

7.    Raja Balaputra Dewa

Balaputradewa menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 850 M. Pada saat pemerintahan Raja Balaputradewa, Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan. Peningkatan ekonomi diperoleh dari pembayaran upeti, pajak, maupun keuntungan dari hasil perdagangan. Salah satu bukti peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya yang masih bertahan adalah candi Muara Takus.

8. Maha Patih Gajag Mada

Gajah Mada adalah seorang panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman kerajaan Majapahit. Pada usia 19 tahun, Gajah Mada berhasil menyelamatkan rajanya, Prabu Jayanegara. Pada tahun 1319, ia diangkat sebagai Patih Kahuripan. Dua tahun kemudian, ia diangkat sebagai Patih Kediri. Pada  tahun 1329, Patih Majapahit yang bernama Aryo Tadah menunjuk Gajah Mada untuk menggantikan
dirinya. Gajah Mada menolak penunjukan itu karena ingin membuktikan pengabdiannya ter lebih dahulu kepada Kerajaan Majapahit, yaitu menghentikan pemberontakan Keta dan Sadeng. Gajah Mada akhirnya diangkat sebagai Patih Majapahit pada tahun 1334, setelah berhasil menaklukkan Keta dan Sadeng. Pada tahun 1336, Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa, yaitu janji bahwa ia tidak akan memakan buah palapa, sejenis rempah-rempah, bila belum berhasil menguasai pulau-pulau di Nusantara. Perjuangan Gajah Mada mencapai puncaknya pada zaman pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389). Pada masa itulah, Majapahit mencapai keemasannya. Dari Kitab Negarakertagama dapat diketahui bahwa
daerah kekuasaan Majapahit hampir sama luasnya dengan wilayah Indonesia yang sekarang.

9.  Perjuangan Maha Patih Gajah Mada

Perjuangan Gajah Mada sampai saat ini tetap dikenang. Hal ini dibuktikan dengan digunakannya nama Gajah Mada sebagai nama jalan utama sejumlah kota di Indonesia. Kebesaran nama dan
kejayaan Majapahit pun dapat pula dilihat dari peninggalannya berupa candi.

10.  Candi Peninggalan Kerajaan Maja Pahit

Candi peningggalan kerajaan Majapahit adalah Candi Penataran membuktikan perjuangan dan peranan para tokoh pada masa Kerajaan Majapahit. Candi Penataran dibangun pada masa
Kerajaan Kediri dan dipergunakan pada masa Kerajaan Majapahit.
Di dalam kompleks candi, terdapat arca, bangunan yang disebut Bale Agung, prasasti (batu tulis) dan beberapa candi. Candi-candi itu di antaranya candi Naga. Selain itu, terdapat candi yang dianggap paling suci, yaitu candi Induk. Candi Induk terdiri atas tiga teras bersusun dengan tinggi seluruhnya 7,19 meter.

11. Perang Dipenogoro

Perang Diponegoro terjadi pada tahun 1825-1830. Peperangan ini terjadi secara menyeluruh di wilayah Jawa sehingga disebut Perang Jawa.

 

Bahan Belajar Rangkuman Subtema 2

 

Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pahlawanku Semester 1 dengan judul subtema“Pahlawanku Kebanggaanku”. Rangkuman ini kami buat untuk mempermudah Guru, Orang Tua dan Siswa. untuk memahami materi Tematik Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pahlawanku Semester 1.

Berikut Rangkuman Tematik Kelas 4 Tema 5 Subtema 2 Pahlawanku :

1.Masuknya Agama Islam

Ketika masa kerajaan Hindu-Buddha mulai melemah, masuklah agama Islam di wilayah Indonesia.


2.Sultan Hasanudin

  • Sultan Hasanuddin ialah raja dari Kerajaan Islam Gowa-Tallo di Makassar, Sulawesi Selatan. Oleh Belanda, ia dijuluki ‘Ayam Jantan dari Timur’ karena kegigihan dan keberaniannya melawan Belanda.
  • Sultan Hasanuddin berusaha menegakkan kedaulatan dan memperluas wilayah kerajaan. Ia berhadapan dengan Aru Palaka, Raja Bone yang dibantu oleh Belanda.
  • Sultan Hasanuddin dikenal arif dan bijaksana. Beliau merasa sedih karena harus bertempur melawan keluarga sendiri. Arung Palakka La Tenri Tatta to Erung sudah seperti saudara kandung sendiri.
  •  Sultan Hasanuddin mempertimbangkan bahwa pertumpahan darah di kalangan orang Makassar dan Bugis harus segera dihentikan. Sultan Hasanuddin berusaha menggabungkan kekuatan kerajaankerajaan kecil di Indonesia wilayah timur untuk melawan Belanda.
  • Sultan Hasanuddin diabadikan sebagai nama jalan dan universitas di Sulawesi Selatan. Pemerintah bahkan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Hasanuddin.
  • Setelah wafat, Sultan Hasanuddin dimakamkan di kompleks pemakaman raja-raja Gowa di Sulawesi Selatan.

3. Raja-raja Kerajaan Islam Nusantara

 Berikut adalah Raja pada masa Pemerintahan Kerajaan Islam. 

  • Sultan Agung.

Sultan Agung memiliki peninggalan dalam bidang budaya yaitu seni dan kalender Jawa. Peninggalannya itu mewarnai budaya masyarakat Jawa. Sultan Agung adalah salah satu Raja terkenal yang hidup dimasa Islam. Ia adalah Raja Mataram. Sultan Agung memerintah di tahun 1613-1645. Sultan Agung menjadi kerajaan terbesar di Jawa dan Nusantara pada saat itu. Selain dikenal gigih melawan Belanda, Sultan Agung juga diketahui sebagai budayawan. Beliau memadukan kalender Hijriyah yang dipakai di pesisir Utara dengan kalender Saka yang masih dipakai di pedalamanan.  Sultan Agung juga dikenal sebagai penulis naskah Sastra Gending. Sultan Agung menetapkan bahasa Bagongan sebagai Bahasa yang harus digunakan oleh bangsawan dan pejabat di lingkungan keraton untuk menghilangkan kesenjangan.

  • Kapitan Pattimura

Kapiten adalah pahlawan dari Maluku. Beliau lahir pada tanggal 8 Juni 1783 dan meninggal pada tanggal 16 Desember 1817. Pattimura bangkit memimpin rakyat Maluku melawan kekejaman Belanda.  Pada tahun 1817, perlawanan rakyat Maluku yang dipimpin oleh Pattimura berhasil merebut Benteng Duurstede di Saparua. 

  • Raden Mas Suwardi Suryaningrat. 

Raden Mas Suwardi Suryaningrat lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889.. Raden Mas Suwardi Suryaningrat menamatkan sekolah dasar di Yogyakarta dan sempat melanjutkan pendidikannya di Stovia.  Pada tanggal 3 Juli 1922, Ki Hajar Dewantara mendirikan Perguruan Taman Siswa, yaitu sekolah nasional pertama bagi rakyat Indonesia.  Taman siswa merupakan bentuk nyata perjuangan melawan penjajah karena ia yakin bahwa pendidikan akan membantu tujuan mencapai kemerdekaan bangsa. Jasa Ki Hajar Dewantara sangatlah besar dalam dunia pendidikan. Beliau mendapat gelar ‘Bapak Pendidikan Nasional’ dan tanggal lahirnya, 2 Mei, diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.

  • Ir. Soekarno

Ir. Sukarno adalah tokoh yang memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Ir. Soekarno lahir di Surabaya, 6 Juli 1901. Dasar diselesaikannya di Mojokerto dan Sekolah Menengah Pertama di Surabaya. Setelah tamat sekolah menengah, ia melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Bandung. Ir. Soekarno atau lebih akrab disapa Bung Karno adalah pejuang pemersatu bangsa, pejuang melawan kolonialisme dan imperealisme, proklamator kemerdekaan bangsa Indonesia. Menjadi Presiden Republik Indonesia pertama selalu dikenal dan dihormati bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa lain di dunia. Upaya Bung karno untuk menciptakan masyarakat berkeadilan dan berkemakmuran sejalan dengan sila ke lima Pancasila, yaitu keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Bagi yang menginginkan file pdfnya bisa diunduh lewat link di bawah ini:

No comment for Rangkuman Materi tema 5 Kelas 4 subtema 1 dan 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Post to Rangkuman Materi tema 5 Kelas 4 subtema 1 dan 2

sumber belajar Alam

Alam sebagai Sumber Belajar Ilmu Fisika

Posted at Februari 9, 2020

Saya teringat pada ungkapan seorang Dosen senior ITB yaitu Prof. Lilik.  Beliau sebagai Dosen Wali memberikan nasihat pada saya untuk mengembalikan Ilmu Fisika sebagai... Read More

Angklung SDN 037 Sabang

Info Kegiatan Ekskul Angklung SDN Sabang

Posted at Desember 27, 2019

Ekskul Angklung SDN 037 Sabang Bandung Berita terbaru kali ini adalah tentang salah satu Ekskul yang ada di SDN 037 Sabang bandung yaitu Ekskul... Read More

info prndidikan

Berita Terbaru tentang Makna Logo Tut Wuri Handayani

Posted at Desember 27, 2019

Apakah anda seorang guru? Apakah anda memahami makna dari Logo Tut Wuri Handayani yang sering anda kenakan? Baiklah kali ini saya akan berbagi info... Read More

berita terkini inspiratif

Info Permainan Game yang Mendidik di Dalam Kelas

Posted at Desember 26, 2019

Info terbaru yang akan saya sampaikan adalah tentang permainan di dalam kelas. Cuaca tidak bisa kita prediksi secara akurat, bahkan kita tidak bisa megubah... Read More

Jadwal utbk 2020

Informasi Terkini Jadwal UTBK dan SBMPTN 2020

Posted at Desember 14, 2019

  Hai sobat rohmansa, baik orang tua peserta didik kelas 12 SMA atau alumni yang berminat untuk daftar perguruan tinggi negeri Indonesia seperti ITB,... Read More

OkeStore Theme