HOME
Home » Spiritual » Kisah Arti Kehidupan dari Kopi dan Cangkir Kopi

Kisah Arti Kehidupan dari Kopi dan Cangkir Kopi

Posted at Januari 19th, 2020 | Categorised in Spiritual
OkeStore Theme

Kisah-kisah sederhana yang Bisa Mengubah Hidup Anda merupakan salah satu buku yang saya beli dari Toko Gramedia. Makna hidup dan kehidupan yang terkandung dalam ” kisah kopi dan cangkirnya” dapat kita praktekkan untuk meningkatkan kualitas hidup kita,

Makna Kehidupan dalam Kisah Kopi dan Cangkirnya

Saya sangat terkesan dengan sebuah tulisan kisah arti kehidupan dengan Judul “ Cangkir dan Cangkir Kopi”. Kisah tersebut dimulai dengan menggambarkan tradisi beberapa alumni perguruan tinggi di Amerika yang sering mengadakan reunion. . Suatu ketika para alumni mengadakan pertemuan dengan dosen seniornya.  Sang Dosen menyuguhi mereka beberapa teko kopi dan berbgai macam cangkirnya, banyak diantara cangkir-cangkir tersebut merupakan cangkir yang mewah, tapi banyak juga cangkir yang  sangat sederhana.

Setelah para mantan mahasiswa tersebut dipersilahkan, para alumni mengambil cangkir dan menuangkan kopi ke dalam cangkir-cangkir tersebut. Ternyata hanya cangkir-cangkir yang kelihatan mewah dan harganya mahal yang diambil oleh para alumni tersebut, seentara cangkir yang murah tidak diperhatikan oleh para alumni tersebut.

Ketika mereka memegang cangkir mereka masing-masing, dosen tersebut berkata: “ Apakah hanya cangkir-cangkir yang bagus yang menyita perhatian kalian?. Kemudian bertanya lagi: “ Apa kalian tidak memperhatikan cangkir yang biasa dan sederhana?. “Inilah yang menyebabkan kalian meremehkan satu dengan yang lainnya”, lanjutnya lagi. Pernyataan terakhir dari dosen tersebut: “ Padahal yang kalian butuhkan adalah kopi, bukan cangkirnya, namun kalian tertipu dengan wadahnya atau cangkir”.

 

Baca Juga: Tutorial Menghasilkan Uang dari Blog WordPress

Demikian ilustrasi dari bacaan yang menurut saya sangat mengena. Dari ilustrasi cerita di atas, kehidupan dapat diibaratkan dengan kopi, sementara harta, jabatan, dan status social sebagai cangkirnya. Harta dan jabatan hanya sebagai sarana utuk mencapai tujuan hidup. Kop akan i tetap menjadi kopi tak akan pernah berubah. Jika kita hanyak focus pada cangkir, kita akan menyia-nyiakan kesempatan menikmati kopi tersebut.

Ketika ingin menikmati lezanya kopi, jangan terlalu memberi perhatian yang berlebihan ke pada cangkirnya. Jangan pula disibukan dengan memperhatikan cangkir milik orang lain. Jika hal tersebut terjadi pada diri teman-teman, maka sesungguhnya kita telah tertipu oleh keindahan dan mahalnya cangkir-cangkir tersebut. Dengan demikian kita akan kehilangan waktu untuk menikmati kopinya.

Tags :

No comment for Kisah Arti Kehidupan dari Kopi dan Cangkir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Post to Kisah Arti Kehidupan dari Kopi dan Cangkir Kopi

OkeStore Theme